Rencana Memasukkan Cyber Terror Ke Dalam daf RUU Terorisme

Share:

150929010teroris-ilustrasi

Diposkan.com – Perkembangan teknologi di Indonesia cukuplah pesat sehingga banyak kejahatan yang melibatkan peran teknologi sangat besar dan jumlahnya masif. Sehingga pemerintah membuat kebijakan tetang membuat Undang – Undang ITE.

Namun dengan dibuatnya Undang – Undang ITE tersebut belum terakomodir semua jenis kejahatan yang ada di Indonesia. Terutaman mengenai cyber terror yang biasa menyebar melalu sosial media, hal tersebut akan dimasukkan ke dalam draf RUU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Sukamta, Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS mengatakan bahwa cyber terror sudah mengancam hidup orang banyak. Jadi sangat berpengaruh dalam hidup orang banyak.

“Selain seperti video Youtube itu, cyber terror itu juga bisa berwujud teror terhadap sistem atau instalasi cyber yang mungkin berkaitan dengan hajat hidup orang banyak,”  Ujar Sukamta.

Baca Juga:   Daftar Susunan Anggota Tim Pengawas Intelijen Negara

Sukamta menambahkan banyaknya kasus yang mengenai terorisme, membuat sebagian orang melupakan asas yang harus dipegang. Jangan melupakan asas seperti yang menitik beratkan kepada agama, ras dan kelompok tertentu,

“Contohnya asas kesetaraan. Pemberantasan dan pencegahan, hendaknya tidak cenderung berat kepada agama, ras atau kelompok tertentu,” Tambah Sukamta.

Sukamta mengatakan arti kata Terorisme tersebut belum jelas, dan harus disepakati dahulu seperti apa definisi dari terorisme tersebut. Agar tidak salah kaprah

“Terorisme itu mau didefinisikan seperti apa, yang penting disepakati agar tidak abu-abu sehingga tidak menimbulkan tindakan serampangan dalam menentukan seseorang teroris atau bukan,”  Lanjut Sukamta.

Rencana Memasukkan Cyber Terror Ke Dalam daf RUU Terorisme | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya