Kesempatan Emas Aceh dalam Pemekaran Provinsi Baru

Share:
Image by Republika.co.id

Image by Republika.co.id

Diposkan.com – Semua anggota Komisi II DPR menyetujui rekomendasi pemekaran Provinsi Aceh Leuser Antara Barat Selatan (ALABAS). Hal itu ditegaskan oleh pernyataan yang diberikan oleh Tagore Abubakar, salah satu anggota DPR RI yang disampaikan pada acara “Duek Pakat” (musyawarah) pemuda, mahasiswa dan elemen masyarakat sipil barat selatan dengan tema ‘Mewujudkan Provinsi ALABAS 2016’ di Lapangan Teuku Umar Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

“Kawan-kawan Komisi II mendukung tanpa hambatan, semua sepakat dengan potensi yang ada di Aceh Barat Selatan (ABAS) dan Aceh Leuser Antara (ALA) layak dijadikan provinsi untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat,” kata Tagore di Meulaboh, Minggu (7/2) seperti dilansir oleh Republika.co.id.

Selain dihadiri ratusan perwakilan masyarakat dari delapan kabupaten/kota di wilayah barat selatan Aceh. Turut hadir tokoh pemekaran ALA dan ABAS, DPD-RI asal Aceh Rafli Kande, Anggota DPR Aceh Abdullah Saleh dan DPRK. Seluruh komponen massa yang hadir telah setuju dan mengikrarkan dukungan mewujudkan Provinsi ALABAS.

Baca Juga:   Kondisi Banjir di Sampang Semakin Parah

Grand desain pemekaran daerah tersebut diterbitkan dalam bulan Januari 2016, kemudian pada bulan Agustus akan dikeluarkan pengumuman provinsi yang dimekarkan di Indonesia.

Namun untuk nama provinsi dan penempatan ibu kota masih belum diinformasikan. Semua itu akan diatur oleh konsultan.

Pemekaran Aceh sangat diperlukan untuk mempercepat peningkatan taraf hidup masyarakat serta melestarikan keragaman budaya local yang selama ini dikekang menurut aturan yang ada di Aceh. Namun, masih ada politisi Aceh yang belum sepaham dan keberatan dalam rencana tersebut.

Kesempatan Emas Aceh dalam Pemekaran Provinsi Baru | Metanisa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya