Garuda Buka Rute Jakarta-Silangit, Danau Toba Siap Jadi Destinasi Wisata Dunia

Share:

danau-toba

Diposkan.com – PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) berencana memulai penerbangan perdananya untuk rute Jakarta-Silangit, Tapanuli Utara mulai 23 Maret 2016 dengan frekuensi terbang tiga kali sepekan.

Vice Precident Corporate Communication GIAA Benny S. Butarbutar, mengatakan dibukanya rute penerbangan GIAA dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Silangit merupakan arahan langsung dari presiden.

“Sesuai arahan dari presiden, untuk mengembangkan destinasi wisata seperti Danau Toba, Garuda Indonesia perlu ikut masuk. Oleh karena itu, penerbangan perdana dari Cengkareng ke Silangit mulai 23 Maret 2016,” katanya, Minggu (6/3) seperti yang dilansir dari bisnis.com.

Benny menambahkan penerbangan perdana GIAA tersebut akan didukung penuh oleh PT Angkasa Pura II dan pemerintah daerah Tapanuli Utara, terutama dari kapasitas bandara dan akses masuk menuju bandara.

Angkasa Pura II dan pemda setempat menyanggupi bahwa perbaikan kapasitas bandara dan akses masuk akan rampung pada 23 Maret 2016. Perbaikan bandara ini bertujuan agar pesawat sejenis Bombardier CRJ 1000 hingga Boeing 737 milik Garuda dapat masuk.

Sekadar informasi, langkah Garuda Indonesia tersebut merupakan tindak lanjut dari Rapat Terbatas Percepatan Kawasan Danau Toba yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan dimoderatori Menteri Pariwisata. Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II Agus Haryadi mengungkapkan Angkasa Pura II menyiapkan sekitar Rp 100 miliar pada tahun ini guna mengembangkan kapasitas Bandara Silangit.

Baca Juga:   Sri Mulyani Jaga Laju Inflasi Indonesia Agar Tak Seperti Zimbabwe

Agus menjelaskan, daerah dataran tinggi memiliki intensitas kepekatan udara yang kurang, sehingga memerlukan landasan pacu yang lebih panjang ketimbang di dataran rendah. Saat ini landasan pacu yang dibangun baru mencapai 2.200 meter yang nantinya akan diperpanjang lagi.

Meski begitu, lanjut Agus, kondisi bandara yang sudah ada saat ini sebenarnya sudah cukup untuk mengakomodir tambahan armada dari Garuda Indonesia. Adapun, Angkasa Pura II juga berencana membangun terminal kargo.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan meyakini penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Jakarta tersebut bakal mempercepat pengembangan Danau Toba menjadi objek wisata kelas dunia. Baginya hal ini sebuah kabar gembira dan sebuah impian yang terwujud. Untuk itu dirinya meminta semua pihak terkait dapat mempromosikan dan didukung secara bersama-sama agar Danau Toba bisa menjadi Monako-nya Asia, dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar..

Seperti diketahui, Bandara Silangit telah disiapkan sejak tahun lalu untuk menjadi bandara internasional. Rencananya, landasan pacu bandara akan diperpanjang menjadi 2.650 meter dan lebarnya 40 meter. Selain itu, Danau Toba merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas. Adapun, destinasi prioritas lainnya diantaranya Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang.

Garuda Buka Rute Jakarta-Silangit, Danau Toba Siap Jadi Destinasi Wisata Dunia | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya