Tanggapan JK Terkait DPD, Perubahan Bukan Pembubaran

Share:
Image by Viva.co.id

Image by Viva.co.id

Diposkan.com – Berbagai pendapat mulai muncul seiring bergulirnya usulan tentang pembubaran Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Bukan pembubaran, tetapi perubahan, mungkin perbaikan,” ungkap Wapres Yusuf Kalla setelah mengikuti acara syukuran 60 tahun dan Ensiklopedia Pemikiran Yusril Ihza Mahendra di Jakarta, Sabtu (6/2) seperti dilansir oleh Republika.co.id.

Yusuf Kalla menuturkan bahwa dirinya tidak bisa mencampuri urusan tentang perubahan DPD. Namun, dirinya menilai bahwa langkah yang paling tepat untuk dilakukan adalah perubahan yang harus dilakukan oleh lembaga itu sendiri.

Selain itu, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan bahawa pihaknya saat ini sedang menampung semua aspirasi tentang perubahan dalam ketatanegaraan. Serta mengingatka bahwa dalam pembubaran suatu lembaga harus melalui mekanisme yang ketat.

Baca Juga:   Kecelakaan Super Tucano Di Blimbing Malang

Hal itu sesuai dengan dengan perubahan UUD 1945, Pasal 37 UUD 1945 untuk ayat (1) menyatakan, usul perubahan pasal-pasal Undang-Undang Dasar dapat diagendakan dalam sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat apabila diajukan oleh sekurang-kurangnya 1/3 dari jumlah anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat. Kemudian di ayat (3), untuk mengubah pasal-pasal Undang-Undang Dasar, Sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat dihadiri oleh sekurang-kurangnya dua pertiga dari jumlah anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat. Selanjutnya di ayat (4), putusan untuk mengubah pasal-pasal Undang-Undang Dasar dilakukan dengan persetujuan sekurang-kurangnya lima puluh persen ditambah satu dari seluruh anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Tanggapan JK Terkait DPD, Perubahan Bukan Pembubaran | Metanisa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya