Kicauan Trump di Twitter Buat Saham Toyota Merosot

Share:

diposkan-donald-trump

Diposkan.com – Harga saham Toyota, Jumat (6/1), merosot jatuh di bursa Tokyo setelah presiden terpilih AS Donald Trump mengancam akan mengenakan bea masuk tinggi jika perusahaan itu membangun pabrik di Meksiko. Toyota menjadi perusahaan terakhir yang menghadapi kemarahan Trump terutama penolakannya lewat Twitter saat mengungkap rencana membangun pabrik di Meksiko.

“Toyota mengatakan akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko untuk memproduksi Corolla untuk AS, ‘No Way’! Bangun pabrik di AS atau bayar pajak yang besar,” ujar Trump lewat akun Twitter-nya yang dilansir melalui Kompas.com.

Banyak pihak merespon kemarahan Trump ini salah sasaran. Sebab, Toyota sudah lama memiliki pabrik di Baja, negara bagian yang paling dekat dengan AS dan memproduksi pikap Tacoma. Toyota juga sudah mengatakan jika pihaknya akan kembali membangun pabrik baru yang diharapkan dapat beroperasi mulai 2019.

Baca Juga:   Facebook Kembangkan Fitur Pendeteksi Akun Palsu

Awal pekan ini, Ford membatalkan rencana untuk membangun pabrik di Meksiko menyusul kritikan Donald Trump. Trump juga memberikan kritik kepada General Motors karena mengimpor mobil buatan Meksiko.

“Setelah pernyataan Trump itu, semua perusahaan otomotif masih menunggu apa yang akan dilakukan di Amerika Utara di bawah kepemimpinan Trump,” kata salah seorang petinggi Nissan, Carlos Ghosn.

Ghosn mengatakan, pihaknya akan beradaptasi apabila NAFTA merubah kebijakan. NAFTA merupakan perjanjian perdagangan bebas antara Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Trump, yang akan dilantik pada 20 Januari mendatang, dalam kampanyenya berjanji untuk mengembalikan industri manufaktur kembali ke AS. Ia juga akan memberanta praktik-praktik dagang tak adil yang menurutnya sangat merugikan AS.

Kicauan Trump di Twitter Buat Saham Toyota Merosot | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya