Dirut PLN Bnatah Kenaikan Tarif Dasar Listrik

Share:

diposkan-listrikT

Diposkan.com – Terkait kenaikan tarif dasar listrik bagi pelanggan 900 watt dibantah oleh Dirut PLN Sofyan Basyir, menurutnya justru harga per Kwh-nya turun, tetapi hanya pengalihan subsidi dari pelanggan 900 watt.

“Tarif listrik pada bulan ini yang pasti sebenarnya tidak naik hari ini, baik untuk yang 450 (watt), 900 waat, 1.300 watt dan seterusnya, (bahkan) per KWH nya turun,” kata Sofyan Basyir saat konferensi pers di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Jumat (6/1) yang dilansir melalui bisnis.com.

Basyir menambahkan, jika yang berlaku per Jumat ini adalah pelanggan 900 watt dicabut subsidinya, setelah pemerintah menilai mereka tidak berhak mendapatkan subsidi karena bukan masyarakat miskin. Jumlah pelanggan 450 watt mulai hari ini ditambah hingga 27 juta keluarga.

Sofyan menjelaskan untuk pelanggan 900 watt sudah tidak layak menerima subsidi karena banyak digunakan untuk bisnis, seperti membuka kos-kosan. Sehingga ia menillai pelanggan 900 watt tak layak lagi disubsidi, terlebih banyak rumah mewah yang menggunakan 900 watt dua kali lipat.

Sofyan Basyir menjelaskan bahwa pengalihan subsidi dari pelanggan 900 waat ini akan dialihkan untuk mengaliri listrik di daerah-daerah terpencil. Hingga saat ini ada sekitar 2.000 desa di Indonesia yang belum dialiri listrik. Secara rinci ia menjelaskan masih ada 1.300 desa di Sumatera dan 1.400 desa di Papua yang membutuhkan dana sekitar Rp 3 triliun – Rp 4 triliun.

Baca Juga:   Pertamina akan luncurkan Pertamax Turbo Dan Menghapuskan Pertamax Plus

Sofyan juga mengungkapkan pengalihan subsidi ini untuk membangun transmisi, membangun gardu gardu induk dan juga untuk desa desa yang tertinggal yang 1.000 desa tahun pada tahun kemarin yaitu antara lain gunanya efisiensi dan juga subsidi yang dikembalikan kepada negara.

Dia juga menegaskan pengalihan subsidi untuk pelanggan 900 watt telah disampaikan sejak 10 bulan yang lalu ke berbagai pihak. Pengalihan ini juga berdasarkan hasil survei dari BPS dan PLN yang berkeliling ke tiap-tiap desa, dusun, kota untuk meneliti selama 10 bulan.

“Dalam 10 bulan itupun kami sudah sampaikan kepada semua pihak. Jadi sekali lagi, kami ulangi tidak ada kenaikan tarif listrik yang ada adalah mereka yang tidak berhak kami berhentikan untuk mengambil subsidi karena mereka tidak layak menerima lagi subsidi,” kata Sofyan Basyir.

Dirut PLN Bnatah Kenaikan Tarif Dasar Listrik | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya