Wow, Kerugian Samsung Akibat Penarikan Galaxy Note Capai Rp 13 triliun !

Share:

Perusahaan Samsung - diposkan

Diposkan.com – Sebelumnya Samsung menarik peredaran smartphone terbarunya Galaxy Note 7 dikarenakan beberapa masalah. Akibat penarikan tersebut Pihak Samsung mengalami kerugian yang tidak sedikit. Bahkan para pengamat memperkirakan jumlah total kerugia Samsung mencapai USD1 miliar atau sekitar Rp13 triliun.

Mengutip dari metrotvnews.com (06/09/2016) Perkiraan dari Credit Suisse Group AG, Daishin Securities Co. dan Pelham Smithers Associates menyebutkan bahwa penarikan massal ini dapat memakan biaya hingga USD1 miliar.

Walaupun tak semua Galaxy Note 7 yang mengalami masalah, namun vendor asal Korea Selatan tersebut tetap menarik semua perangkat terbarunya tersebut yang baru diedarkan 2 minggu terakhir.

Menurut Android Authority, per smartphone, biaya penarikan kembali Galaxy Note 7 diperkirakan mencapai USD900 atau sekitar Rp11,8 juta ditambah dengan keuntungan yang seharusnya didapatkan oleh Samsung. Menurut Credit Suisse, Samsung diperkirakan mendapatkan keuntungan sebesar USD108 atau sekitar Rp1,4 juta per item yang terjual.

Baca Juga:   Oppo Luncurkan Smartphone Terbarunya, Oppo A37

Samsung menargetkan untuk penjualan produk terbarunya tersebut bisa mencapai 8-9 juta unit di akhir tahun 2016 ini. Jika angka ini dicapai, Samsung dapat meraup keuntungan sekitar USD 864 – 972 juta atau sekitar Rp11 – 12,8 triliun. Dengan begitu adanya masalah ditariknya Galaxy Note 7 ini dapat menghilangkan keuntungan Samsung.

Mungkin, angka kerugian Samsung ini terbilang besar. Namun ternyata itu hanya 5% dari keseluruhan perkiraan pendapatan Samsung yaitu KRW 23 triliun sekitar Rp273 triliun untuk tahun ini.

Walaupun begitu, masalah penarikan Galaxy Note 7 bukanlah satu-satunya yang dikhawatirkan Samsung. Karena dilain pihak, terjadi keterlambatan juga dalam pengiriman smartphone ini. Dengan begitu Samsung akan kehilangan kesempatan untuk bisa meluncurkan Galaxy Note 7 lebih dulu dibanding iPhone 7.

Wow, Kerugian Samsung Akibat Penarikan Galaxy Note Capai Rp 13 triliun ! | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya