Harga Karet Anjlok, Petani Tebang Pohon Karet

Share:

petani-karet-jadi-sulit

Diposkan.com – Tutunnya harga karet dalam 4 tahun terakhir membuat para petani karet di Sumatera beralih menanam singkong. Harga karet yang kini hanya Rp 3.000/kg di tingkat petani, bahkan jauh di bawah harga beras yang mencapai Rp 10.000/kg semakin membuat susah bagi para petani dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Pohon karet sudah banyak yang ditebang, diganti dengan singkong di Palembang,” tutur Ketua Asosiasi Petani Karet Indonesia (Apkrindo), Lukman Zakaria, seperti yang dilansir dari detikFinance di Jakarta, Sabtu (5/3).

Sehingga pihaknya meminta pemerintah segera turun tangan mengangkat kembali harga karet di tingkat petani. Dirinya berharap harga karet dapat kembali sampai Rp 12.000/kg atau setara dengan harga sekilo beras.

Baca Juga:   Jokowi Kenalkan Diri Sebagai CEO

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 3 hari ke Sumatera pekan lalu bertemu para petani karet. Banyak keluhan yang disampaikan langsung pada Jokowi terkait dengan turunnya harga karet di tingkat petani. Sehingga setiba di Jakarta, Jokowi langsung memerintahkan Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mencari solusi dari persoalan tersebut.

Jokowi meminta agar segera dirancang program yang dapat membantu petani karet meningkatkan pendapatannya sehingga perekonomian di daerah-daerah tersebut juga tumbuh lebih baik.

Harga Karet Anjlok, Petani Tebang Pohon Karet | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya