BKPM Jamin Permudah Investor Asal Korea

Share:

Kepala BKPM Franky Sibarani

Diposkan.com – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani memberikan jaminan sembilan perizinan investasi dapat selesai dalam waktu tiga jam kepada sejumlah pengusaha asal Korea Selatan di saat  gelar “Indonesia Investment Business Forum” di Seoul.

“Silakan datang langsung dari airport ke kantor BKPM. Sambil menyeruput kopi, direktur kami akan memberikan layanan langsung. Sebelum kopi Anda habis, bisa jadi, sembilan perizinan sudah selesai,” kata Franky dalam pesan pendek dari Koordinator Fungsi Konsuler KBRI di Seoul Aji Surya seperti dikutip Antara Sabtu (5/3).

Sebanyak sembilan perizinan tersebut antara lain mencakup akses izin investasi, izin pendirian perusahaan, NPWP, registrasi perusahaan, rekrutmen tenaga kerja asing, izin kerja, identifkasi importir, registrasi bea cukai dan surat tanah. Selain itu, Franky mengatakan instansinya dapat memberikan kepastian bekerja, bisnis dan impor serta mendapat surat pemesanan tanah untuk pabrik dalam waktu 3 jam.

Baca Juga:   PLN Beli Mini Hidro Karya Alumni ITB

Franky juga menjelaskan deregulasi investasi di era Presiden Jokowi akan terus digulirkan untuk kenyamanan para investor

Kebijakan ini disambut baik oleh Kuasa Usaha Ad-interim KBRI Seoul, Cecep Herawan, menghargai upaya BKPM dalam mempercepat perizinan investasi. Menurutnya Kora memiliki budaya yang suka serba cepat atau yang dikenal dengan istilah pali-pali, sehingga kebijakan ini akan menguntungkan Indonesia.

Menurut Direktur Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC), Imam Soejadi investor asal Korea Selatan terus meningkat setia tahunnya. Hal ini dibuktikan dengan antusiasnya para pengusaha Korea yang mengikuti business meeting yang diselenggarakan IIPC bersama KBRI Seoul. Kegiatan ini dihadiri  45 pengusaha dari 25 perusahaan besar Korea.

Negeri Ginseng itu saat ini juga  menduduki peringkat ke-4 sumber investasi asing bagi Indonesia dan pada 2016, BKPM menetapkan target komitmen investasi dari Korsel sebesar 10 milyar dolar AS.

BKPM Jamin Permudah Investor Asal Korea | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya