Tujuh Kota jadi Pilot Project Pembangkit Listrik Berbasis Sampah

Share:

021194000_1408959189-listrik_6

Diposkan.com – Rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo telah memutuskan adanya tujuh kota yang akan menjadi “Pilot Project” untuk proyek pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah.

“Telah diputuskan tujuh kota akan menjadi “pilot project” atau melakukan kegiatan awal tersebut Jakarta, Bandung, Tangerang, Semarang, Surabaya, Solo dan Makassar,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat konferensi pers hasil Rapat Terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Jumat (5/2/2016) dilansir dari Okezone.

Ditunjuknya tujuh kota tersebut berdasarkan jumlah sampah yang dihasilkan mencapai 1000 ton per hari, kecuali Kota Solo yang sampahnya kira-kira 200-300 ton per hari.

“Solo kenapa dimasukkan, supaya ini menjadi pilot project buat kota-kota menengah yang sampahnya 200-300 ton per hari, dan diharapkan bekerja sama dengan kota di sekitarnya,” ungkap Pramono.

“Perpres ini sudah diajukan ke Presiden dalam koordinasi Menko Perekonomian dan (Menko) Maritim. Mudah-mudahan dengan ditunjuknya tujuh kota ini persolan sampah yang selama ini menjadi persolan serius di kota besar di Indonesia akan tertangani,” ujarnya.

Baca Juga:   Libur Natal dan Tahun Baru 2017, Konsumsi Listrik Turun

Darmin Nasution yang menjabat sebagai Menteri Ekonomi RI menjelaskan bahwa menteri-menteri telah menandatangani Perpres pembangunan Pembangkit listrik berbasis sampah tersebut. Perpres tersebut mengatur beberapa hal seperti perizinan, harga penyederhanaan dan nonperizinan dan pemakaian teknologi.

“Perpres ini untuk mempercepat pemanfaatan sampah menjadi tenaga listrik,” ujar Darmin.

Menurut Darmin, sebenarnya sudah banyak daerah yang menerapkan Pembangkit Listrik berbasis sampah hanya saja masih menjadi diskusi panjang.

“Di perpres ini wajib dibeli oleh PLN. Soal harga mereka bisa berunding, kalau tidak selesai Pemerintah Pusat akan turun tangan. Karena bagaimana pun juga ini energi baru dan terbarukan, pemerintah telah berjanji pada 2030 bisa 29 persen energi kita adalah energi baru dan terbarukan,”ujarnya.

Tujuh Kota jadi Pilot Project Pembangkit Listrik Berbasis Sampah | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya