Pengalihan Wewenang, Pembinaan Pramuka Berada di Tangan Kemendikbud

Share:
Image by Papasemar.com

Image by Papasemar.com

Diposkan.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga menyerahkan koordinasi pembinaan kepramukaan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam jumpa pers seusai bertemu presiden di kompleks Kantor Kepresidenan di Jakarta, Ketua Kwartir Nasional Pramuka Adhyaksa Dault mengungkapkan bahwa terjadi perubahan pembinaan kepramukaan. Hal ini juga telah disetujui oleh Presiden Jokowi dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Rata-rata anggota pramuka berusia 17 tahun ke bawah dan semuanya merupakan anak sekolah, dengan demikian akan lebih tepat dibina oleh Kemendikbud.

Sementara itu, Nahrawi mengemukakan bahwa perubahan koordinasi pembinaan kepramukaan akan dilakukan setelah ada revisi undang-undang tentang pramuka.

Selain itu, Nahrawi juga berharap pembinaan kepramukaan akan berjalan lebih baik karena anggaran yang dimiliki oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lebih besar daripada anggaran yang dimiliki oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Baca Juga:   Tahanan Kabur Karena Ditinggal Mengobrol

Pada tanggal 14-23 Agustus 2016, akan dilaksanakan Jambore Nasional X di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta dan akan diikuti sekitar 25.000 peserta.

Sejumlah materi-materi kepramukaan akan disampaikan pada pelaksanaan Jambore Nasional. Selain itu, juga disampaikan materi-materi tambahan yang sesuai dengan kondisi saat ini yaitu program deradikalisasi dan ekonomi kreatif.

”Pramuka akan dididik ekonomi kreatif agar bisa membuka usaha dan bukan lagi menjadi pegawai negeri,” ungkap Ketua Kwartir Nasional Pramuka seperti dilansir oleh Solopos.com.

Pengalihan Wewenang, Pembinaan Pramuka Berada di Tangan Kemendikbud | Metanisa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya