Pemburu Beasiswa LPDP Banjiri Sportarium UMY

Share:

diposkan-lpdp

Diposkan.com – Sebanyak 18.000 kalangan muda mendatangi Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk mendaftarkan program beasiswa kuliah di luar negeri, Sabtu (4/2). Mereka memanfaatkan momen Edufair 2017 yang dihelat Lembaga Penjamin Dana Pendidikan (LPDP).

Direktur LPDP Mokhamad Mahdum mengatakan, animo besar kalangan muda sudah terlihat sejak pendaftaran via online sebelum edufair berlangsung.

“Dengan banyaknya peminat ini kita bisa lihat semangatnya anak muda Jogja untuk kuliah di luar negeri tidak kalah dengan yang ada di Jakarta. Kalau di Jakarta 21.000 pendaftar, di Jogja ternyata bisa mencapai 18.000 pendaftar. Ini sangat luar biasa antusiasmenya,” ujar Mahdum di sela-sela berlangsungnya kegiatan, Sabtu (4/2) yang dilansir dari hsrianjogja.com.

Peningkatan peminat LPDP dari tahun ke tahun, tentunya hal tersebut juga akan meningkatkan persaingan perebutan beasiswa. Mahdum menambahkan persoalan untuk mendapatkan beasiswa bukan pada masalah
how to get scholarship, namun karena banyaknya pesaing yang mendaftar di LPDP.

Data yang diperoleh Mahdum setiap tahunnya ada ratusan ribu pendaftar LPDP. Namun hanya sekitar 5000 yang kami berangkatkan tiap tahunnya. Jumlah itu mencakup sebagian yang sudah terseleksi, dan sebagian lainnya tambahan. Sementara peminat di Indonesia yang paling tinggi masih tetap bertahan di Jawa.

Mahdum melanjutkan untuk mendapatkan beasiswa LPDP, harus mempersiapkan persyaratan akademis, seperti kemampuan berbahasa asing dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Selain itu juga perlunya persiapan menentukan dimana akan melanjutkan studi.

Baca Juga:   Nilai Tukar Rupiah Melemah, IHSG Ditutup Melemah 0,16%

“Karena ini adalah beasiswa dari pemerintah. Jadi harapan kami anak-anak yang mendapatkan beasiswa LPDP kembali berkonstribusi untuk Negara,” harapnya.

Sementara itu, pelaksanaan LPDP Edufair tahun ini dilaksanakan di tiga kota besar. Pelaksanaan pertama berlangsung di Jakarta, 31 Januari lalu. Pelaksanaan kedua pada 2 Februari di Airlangga Convention Centre Surabaya. Pelaksanaan terakhir di Sportorium UMY. Menurut Mahdum, dengan adanya LPDP Edufair ini akan membantu para mahasiswa yang akan mencari universitas di dalam dan luar negeri dengan beasiswa.

Kontan saja pelaksanaan Edufair 2017 dianggap sebagai wahana untuk menjembatani kalangan muda yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Dita Wulan Sari, salah satu mahasiswi Program Studi Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadikan Edufair sebagai wahana untuk mewujudkan impian kuliah di mancanegara.

“LPDP Edufair ini sangat membantu kami untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan beasiswa, maupun info tentang kampus-kampus di dalam maupun luar negeri. Sehingga informasi akan terpenuhi dengan adanya event seperti ini,” ujar Dita yang berkeinginan untuk lanjut S2 di Edinburg ini.

Pemburu Beasiswa LPDP Banjiri Sportarium UMY | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya