Peretas Kini Manfaatkan WhatsApp untuk Curi Data Pribadi Pengguna

Share:

hacker-diposkan

Diposkan.com – Memang banyak sekali cara yang ditempuh peretas guna menangkap mangsanya. Kali ini para penjahat cyber tersebut mulai menggunakan WhatsApp sebagai media agar bisa mendapat data pribadi korbannya.

Modus yang digunakan peretas yaitu dengan mengirimkan kepada pengguna sebuah malware yang berkedok sebagai dokumen Ms. Excel. Selanjutnya, file tersebut akan aktif saat dibuka pengguna yang menganggap itu adalah file biasa.

Untuk saat ini ada dua jenis malware yang diketahui dan beredar di India. Kedua malware tersebut menyamar dengan memanfaatkan nama institusi setempat, yakni National Defense Academy (NDA) dan National Investigation Agency (NIA).

Baca Juga:   Beda ! Ini Dia Facebook "VIP" Milik Mark Zuckerberg, Mau Tau?

Mengutip dari kompas.com (05/01/2017) Bentuknya berupa dokumen Excell bernama “NDA-ranked-8th-toughest-College-in-the-world-to-get-into.xls” serta “NIA-selection-order-.xls”. Namun selain bentuk ini, malware juga bisa saja menyamar sebagai dokumen Microsoft Word atau PDF.

Setelah pengguna membuka dokumen yang dikirimkan tersebut, semua data pribadi pengguna termasuk pasword, data perbankan dan data pribadi lainnya dapat dicuri peretas dan digunakan untuk kepentingan mereka.

Maka dari itu tak ada salahnya bersikap waspada apabila terdapat file yang dikirim dari pengguna lain yang tak dikenal.

Peretas Kini Manfaatkan WhatsApp untuk Curi Data Pribadi Pengguna | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya