Hadapai Ekonomi Global BI Usul Bentuk Diplomasi Ekonomi

Share:

diposkan-bi

Diposkan.com – Menghadapi tantangan ekonomi global yang semakin berkembang pesat menuntut Indonesia harus selalu siap. Salah satunya dengan melakukan kerja sama regional dan bilateral, hal ini perlu ditingkatkan jika tidak dilakukan dengan baik akan menelan kerugian besar bagi Indonesia. Bank Indonesia (BI) mengusulkan pentingnya pembentukan diplomasi ekonomi untuk menghadang derasnya arus persaingan global.

“Pertumbuhan ekonomi dunia yang terus direvisi ke bawah dan financial uncertainty itu akan terus menghantui kita dan bahkan membelenggu kita,” ujar Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam diskusi ekonomi bertajuk Diplomasi Ekonomi: Dinamika dan Isu Terkini Politik Ekonomi Internasional di Jakarta, Kamis (3/11) seperti yang dilansir dari Koran Jakarta.

Perry mengatakan pasar dan negara berkembang membutuhkan kepastian angka pertumbuhan ekonomi nasional. Karena itu, dibutuhkan kebijakan yang bisa memberikan stimulus pada ekonomi domestik. Saat ini BI sudah membuka kerja sama dalam forum koordinasi untuk menyelaraskan kebijakan ekonomi global. Namun, dia menyayangkan forum tersebut sulit menentukan kebijakan dikarenakan perbedaan tujuan masing-masing negara.

Baca Juga:   Sejarah Hari Buruh Internasional di Indonesia

Pery mengatakan sulitnya menginisiasi dan diplomasi di bidang ekonomi dan keuangan global menjadi kendala dalam forum tersebut. Hal ini karena kepentingan negara berkembang sering bertolak belakang, sehingga diperlukan diplomasi ekonomi.

Menurut Perry, alternatif pilihan yang bisa ditempuh meliputi kerja sama bilateral dan regional dengan tetap mengedepankan azas saling menguntungkan. Ditambahkan Perry, BI juga membentuk institut untuk menciptakan sumber daya manusia yang ahli

Hadapai Ekonomi Global BI Usul Bentuk Diplomasi Ekonomi | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya