BPS Ingatkan Pemerintah Kembangkan Industri Jangka Panjang

Share:

diposkan-industri

Diposkan.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga bahan komoditas kembali membaik. Terutama komoditas timah, sehingga BPS meminta pemerintah untuk merespon dengan kenaikan ini. Pemerintah harus tetap membatasi ekspor bahan komoditas mentah ini.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, selama ini pemerintah terlalu terbuai oleh kenaikan harga bahan komoditas. Akibatnya, ketika harga anjlok, maka Indonesia juga mengalami dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Jadi ini harus menjadi pelajaran bagi kita. Jangan sampai nanti harga normal kita ekspor bahan komoditas mentah lagi,” kata Sasmito yang dilansir dari okezone.com

Selama ini hanya sektor migas yang cukup memiliki andil terhadap inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, perlu peningkatan ekspor pada sektor komoditas. Namun, peningkatan yang dimaksud adalah sektor komoditas olahan.

Baca Juga:   Tarif KA Ekonomi Turun 5%

Sehingga Hadi menambahkan pemerintah harus mulai melihat proses jangka panjang sehingga perlu adanya pembangunan sektor industri untuk mencapai target peningkatan ekspor ini.

“Memang belum untuk jangka pendek. Tapi ya kita harus melihat dampak positif bagi nilai ekspor jangka panjang juga,” tutupnya.

BPS Ingatkan Pemerintah Kembangkan Industri Jangka Panjang | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya