UU Tapera Disahkan Implementasi Masih Menunggu PP

Share:

uu-tapera

Diposkan.com – UU Tabungan Perumahan (Tapera) yang sudah disahkan DPR, pihak perbankan masih harus menunggu Peraturan Pemerintah (PP) sebagai aturan teknisnya.

“Kan, aturan mainnya masih menunggu PP-nya keluar. Di mana, penyusunan PP itu memerlukan waktu antara 3 sampai 6 bulan. Setelah PP keluar barulah bicara implementasinya. Kalau belum, ya enggak bisa,” jelas Maryono, Direktur Utama Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Jakarta, Rabu (3/1) seperti yang dilansir dari inilah.com.

Marono mengatakan, PP tentang Tapera akan mengatur hal-hal teknis. Termasuk siapakah yang berhak memingut atau mengelola dana Tapera itu. PP yang akan mengatur secara detil dalam mengelolah Tapera.

Baca Juga:   Pansel Komisioner OJK Sudah Pilih 35 Calon

Maryono yang juga digadang menjadi Dirut Bank Mandiri ini menilai, Tapera sangat membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam memiliki hunian yang layak. Selain itu, program ini selaras dengan program unggulan Jokowi-JK yakni program sejuta rumah.

Terkait pungutan Tapera yang besarnya 3% dari upah pekerja, kata Maryono, tidak ada masalah. Yang jelas, program ini sangat mulia, yakni membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki rumah yang layak. Menurutnya, program ini akan meminimalisasi backlog, sehingga masyarakat bisa terpenuhi kebutuhan perumahan secara bertahap. Mulai dari kelompok yang sangat membutuhkan sampai kurang membutuhkan,

UU Tapera Disahkan Implementasi Masih Menunggu PP | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya