Setelah Malang, Giliran Kepulauan Mentawai Yang Diguncang Gempa

Share:

017362300_1413544614-Gempa-Bumi-aji-141017-2

Diposkan.com – Setelah siang hari musibah gempa terjadi di Kabupaten Malang dan pada malam harinya tepatnya Rabu (2/3), sekitar pukul 19.49 WIB gempa terjadi kembali di wilayah Kepulauan Menatawai, Provinsi Sumatera Barat. Gempa yang berkekuatan 7,8 skala richter (SR) ini terjadi pada 4.92 Lintang Selatan, 94.39 Bujur Timur atau 682 kilometer Barat Daya Kepulauan Mentawai. .

Setelah itu juga terdapat peringatan Tsunami dari Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  yang membuat sebagian masyarakat cemas dan langsung bergegas untuk mencari tempat yang lebih tinggi untuk mengungsi. Sebagian masyarakat juga sudah mengungsi ke shelter-shelterTsunami yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Masyarakat telah berada di tempat-tempat yang aman. Masyarakat di Sikakap, Pagai Selatan, Sipora, Siberut dan Kepulauan Mentawai lain dalam kondisi aman dan mengungsi di tempat yang tinggi,” Ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho,

Baca Juga:   Perusahaan Wajib Bayar THR Karyawan Sebelum H-7 Lebaran

Namun 40 menit kemudian, peringatan Tsunami tersebut sudah dicabut dan oleh Badan Meteorologi Dan Geofisika. Dan saat di data tidak ada bangunan yang rusak maupun korban jiwa yang ditimbulkan dari gempa yang cukup besar ini.

“Tidak ada korban jiwa, kerusakan bangunan dan tsunami tidak terlihat di pantai. BMKG Sumbar telah mencabut peringatan tsunami untuk 15 daerah sejak pukul 21.30 WIB,” tambah Sutopo.

Setelah didcabutnya status Tsunami tersebut, warga dapat kembali ke rumah masing-masing dengan tertib dan tetap mengutamakan kewaspadaan.

 

Setelah Malang, Giliran Kepulauan Mentawai Yang Diguncang Gempa | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya