Terdeteksi, Penularan Virus Zika Dari Hubungan Seksual

Share:
Terdeteksi, Penularan Virus Zika Dari Hubungan Seksual

Image by : sindonews.com

Kasus tertularnya virus Zika pertama kali dilaporkan ada di Texas, Amerika Serikat (AS). Virus tersebut diinformasikan menular lewat hubungan seksual dan bukan melalui gigitan nyamuk.

Kasus terebut pertama kali di deteksi sehari setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mecetuskan keadaan darurat kesehatan publik internasional.

Virus yang mampu menyebabkan banyak bayi lahir cacat di Brasil tersebut sudah menyebar dengan cepat di benua Amerika. WHO khawatir virus tersebut juga dapat menyebar di Asia dan Afrika.

Sejauh ini diberitakan bahwa Virus Zika dapat menyebar melalui gigitan nyamuk, sehingga temuan penularan virus itu lewat hubungan seksual menyebabkan WHO khawatir.

Layanan kemanusiaan dan kesehatan Dallas County mengungkapkan kalau mereka juga sudah menerima konfirmasi temuan kasus virus Zika di Dallas dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Sedangkan departemen Layanan kesehatan setempat lewat akun Twitter resminya mengungkapkan kalau orang dapat terinfeksi Zika setelah mereka melakukan hubungan seksual dengan orang yang melakukan perjalanan ke Venezuela.

Baca Juga:   Jarang Sarapan Dapat Menambah Risiko Serangan Stroke

“Kejelasan kasus tengah di evaluasi, namun kemungkinan penularan lewat berhubungan seksual dengan orang yang sudah terinfeksi adalah penyebabnya,” begitulah pernyataan departemen itu sebagaimana yang kami kutip dari laman detik.com, Rabu (3/2/2016).

Pihak berwenang di daerah Texas mengungkapkan, belum ada laporan virus Zika yang ditularkan oleh nyamuk. Para pejabat saat ini tengah sibuk menyelidiki modus utama terjadinya penularan pada virus tersebut.

Sebagai informasi, sebelumnya pejabat kesehatan internasional sudah mencatat satu kasus yang membuktikan penularan dari orang ke orang lewat hubungan seksual. Akan tetapi, Organisasi Kesehatan Pan Amerika mengatakan, masih butuh bukti lagi untuk memastikan apakah hubungan seksual adalah transmisi tersebarnya virus Zika.

Terdeteksi, Penularan Virus Zika Dari Hubungan Seksual | Riko Yudiansa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya