Indonesia Duduki Peringkat Pertama, Negara yang Sering Lakukan Peretasan

Share:

indonesia-peringkat-pertama-peretasan-diposkan Diposkan.com – Serangan cyber di Indonesia memang menjadi salah satu masalah yang tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya berdasarkan data dari Akamai yang terbaru menjelaskan bahwa peringkat pertama negara terbanyak yang melakukan serangan cyber adalah Indonesia.

Mengutip dari kompas.com menurut laporan tiga bulanan bertajuk “State of the Internet” yang dirilis Akamai, Rabu (16/10/2013), Indonesia menyumbang 38 persen lalu lintas internet yang berhubungan dengan peretasan server pada kuartal kedua 2013. Angka tersebut naik dari 21 persen pada kuartal pertama 2013. Sebelumnya, peringkat dengan serangan cyber terbanyak diduduki oleh Negara China.

Namun kini China mencatat 33% aksi serangan cyber dan berada di urutan kedua. Kemudian di urutan ketiga ada Amerika Serikat dengan angka 6,9 %, angka tersebut mengalami penurunan dari sebelumnya. Akamai sebelumnya melakukan pengamatan terhadap alamat internet protocol (IP address) di 175 negara tentang lalu lintas serangan cyber. Dan alhasil Indonesia menjadi negara tersering yang melakukan peretasan.

Baca Juga:   Telkomsel Kembali Hadirkan LOOP KePo Tahun 2016

Sebenarnya, apakah serangan itu dilakukan oleh masyarakat Indonesia atau tidak belum dapat dipastikan. Karena bisa saja peretas dari luar Indonesia menggunakan IP address milik Indonesia.

Walaupun begitu, adanya peretas dari dalam negeri juga patut menjadi perhatian. Pasalnya web – web pemerintah menjadi sasaran para peretas akhir- akhir ini. Misalnya saja situs web mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menjadi korban peretasan Wildan Yani berusia 22 tahun yang berasal dari Jember, Jawa Timur .

Hingga saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjelaskan bahwa selama tiga tahun terakhir kasus peretasan di Indonesia cukup tinggi yakni 36,6 juta. Dengan adanya data tersebut, pemerintah berusaha akan melakukan peningkatan keamanan cyber di Indonesia.

Maka dari itu, pada acara Internet Governance Forum 2013 yang digelar Perserikatan Bangsa-Bangsa di Nusa Dua, Bali, pada 22 sampai 25 Oktober 2013 masalah keamanan internet akan menjadi salah satu topik yang dibahas pada acara tersebut.

Indonesia Duduki Peringkat Pertama, Negara yang Sering Lakukan Peretasan | Ari Purwanti | 4.5 | Tag: kasus peretasan di indonesia, indonesia peringkat, peringkat indonesia

Kirim Komentar

Berita Lainnya