Surabaya Terapkan Parkir Berhadiah Untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah

Share:

10b0fca147ade69869a8a7aaf1dde923

Diposkan.com – Kota Surabaya tidak berhenti terus mengeluarkan inovasi untuk menata kota megapolitan tersebut. Banyak ide yang berhubungan dengan kebijakan publik. Salah satu terobosan yang akhir-akhir ini dikeluarkan adalah sistem parkir berhadiah.

Tujuan dari pemberian hadiah setiap mereka parker, bertujuan agar masyarakat lebih sadar dengan keberadaan parker tersebut. Tetapi pendapatan dari hasil parkir tidak terlalu meningkat signifikan.

“Kami memberikan parkir berhadiah langsung agar orang semakin peka untuk meminta karcis kepada petugas parkir,” Ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan.

Tetapi Dinas Perhubungan Kota Surabaya mencatat, bahwa program ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, namun masyarakat sepertinya malas dalam mengumpulkan karcis tersebut. Dan akhirnya program tersebut hanya dibuat angin lalu saja oleh masyarakat.

Baca Juga:   Jero Wacik Dituntut 9 Tahun Penjara Oleh KPK

Menurut catatan Tahun 2014 Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengumpulkan pendapatan mencapai Rp 12.918.649.000. Sedangkan pendapatan dari parkir yang didapat pada Tahun 2015 menembus Rp 19.890.972.000. Dengan adaanya kebijakan parkir berhadiah diharapkan target yang diperoleh untuk pendapatan parkir pada tahun ini mencapai 25 Miliar.

Selain itu Irvan menambahkan, Surabaya tidak akan menganut kota lain yang menerapkan parkir berlangganan, karena menurut undang-undang hal tersebut tidak dibenarkan

“Menurut pendapat pakar hukum, parkir berlangganan tidak sesuai dengan undang-undang. Karena retribusi tidak bisa dibayar duluan sebelum ada pelayanan. itu pendapat pakar hukum,” Tambah Irvan.

 

Surabaya Terapkan Parkir Berhadiah Untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya