Ini Dia Catatan Iklim Planet Mars 3,9 Miliar Tahun Lalu

Share:
Ini Dia Catatan Iklim Planet Mars 3,9 Miliar Tahun Lalu

Image by : tempo.co

Uji laboratorium dari meteor ALH84001 terus menggali informasi mengenai planet Mars. Ilmuan pun berhasil mengungkap kondisi air dan semua kehidupan yang ada di sana.

“Mineral yang ada didalam meteorit bercampur dengan kimia kuno di plalnet ini,” ujar Robina Shaheen selaku pemimpin studi ini sebagaimana yang kami kutip dari laman tempo.co, Selasa (2/2/2016).

Pada miliaran tahun silam, ada serangan asteroid yang menimpa Mars. Terdapat sejumlah material planet ini yang berhamburan terlempar ke angkasa dan sekarang menjadi meteor. Salah satu yang berahasil dideteksi yaitu meteor ALH84001 yang jatuh ke bumi dan ditemukan oleh Allan Hills, Antartika pada tahun  1984 silam.

Batu Mars yang memiliki bentuk persis seperti kentang tersebut adalah meteorit tertua dari Mars yang sekarang dimiliki bumi. Menurut Shaheen, jumlah karbonat bervariasi tergantung dari sumber karbon dan atom oksigen yang ada di dalam batu. Kelimpahan jumlah relatif isotopnya juga membentu tanda tangan kimia yang bisa dianalisis.

Baca Juga:   MokaPOS, Sistem Kasir yang Mudahkan Para UKM

Atmosfer Mars juga sebagian besar berupa karbondioksida dan mengandung ozon. Sedangkan jumlah isotop oksigen yang ada didalam ozon itu juga dinilai aneh.

“Ketika ozon bereaksi dengan karbon, mereka menghasilkan molekul baru,” ungkap Mark Thiemens selaku anggota penelitian.

Tingkat keanehan isotop yang ada didalam karbonat itu mencerminkan berapa banyak air dan ozon hadir saat molekul terbentuk.

“Ini dalah catatan iklum 3,9 miliar tahun lalu yang terkunci didalam mineral,” tutupnya yang menginformasikan bahwa semakin banyak air maka kian kecil sinyal ozonnya.

Ini Dia Catatan Iklim Planet Mars 3,9 Miliar Tahun Lalu | Riko Yudiansa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya