Bank BRI Ikut Turunkan Bunga Kredit

Share:

diposkan-bri

Diposkan.com – Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Haru Koesmahargyo menilai dengan penetapan skema operasi terbuka dalam penentuan suku bunga acuan akan lebih mencerminkan kondisi pasar. Hal ini akan lebih cepat mendorong transmisi penurunan suku bunga simpanan maupun bunga kredit.

Haru mengakui kebijakan ini akan mendorong BRI untuk menurunkan suku bunga. “Ya (akan diturunkan-red),” katanya, Rabu (1/2/2017).

Sepanjang Desember 2015 hingga November 2016, BRI telah menurunkan suku bunga dasar kredit korporasi sebesar 25 bps, kredit ritel dan kredit mikro masing-masing sebesar 175 bps. Pihaknya juga memproyeksikan penurunan lebih lanjut pada suku bunga deposito pada tahun ini, seiring dengan membaiknya kondisi likuiditas perbankan.

Baca Juga:   Kementerian PUPR Klaim Sudah 700 Ribu Unit Rumah Sudah Dibangun

Sebagaimana diketahui, Bank Indonesia mengubah skema penetapan bunga operasi pasar terbuka (open market operation) per 1 Februari 2017 dari fixed rate tender menjadi variable rate tender. Hal ini bertujuan untuk memperkuat transmisi kebijakan suku bunga dan lebih mencerminkan kondisi likuiditas di pasar.

Bank BRI Ikut Turunkan Bunga Kredit | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya