Arcandra Paparkan Visi Migas Indonesia

Share:

diposkan-arcandra

Diposkan.com – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mewakili Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)Ignatius Jonan untuk memberikan sambutan dalam Rakernas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Energi dan Migas, di Jakarta, Selasa (1/11).

Dalam sambutannya, Arcandra berharap hasil revisi Undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi (Migas) memiliki visi yang jauh ke depan. Terutama dalam menetapkan visi dalam konsep pengelolaan sumber daya alam migas.

“Selama ini konsep pengelolaan sumber daya migas Indonesia mungkin cenderung untuk mendapatkan revenue yang sebesar-besarnya. Apakah konsep itu masih relevan dengan kondisi saat ini?” kata Arcandra yang dilansir dari Kompas.com.

Menurut Arcandra Indonesia harus mulai lebih memikirkan azas kebermanfaatan ketimbang azas penerimaan. Sehingga hal ini menjadi tantangan bukan hanya bagi pemerintah namun juga bagi pelaku usaha yang akan memberikan nilai tambah bagi pengelolaan sumber daya migas Indonesia.

Baca Juga:   IPA: Saatnya Meningkatkan Investasi Migas

Contohnya ia sebutkan, produk gas alam cair pastilah bisa langsung dijual dan menghasilkan penerimaan baik bagi pelaku usaha maupun negara. Apalagi jika gas alam cair itu diolah lagi menjadi produk turunan dan memunculkan industri petrokimia misalnya, maka akan ada efek domino yang lebih besar.

“Walaupun pada awalnya ada cost yang harus kita tanggung dalam membangun industri petrokimia, tetapi pada akhirnya ada multiplier effect. Ini yang disebut konsep kebermanfaatan,” kata Arcandra.

Selain itu, ia juga mengajak peserta Rakernas Kadin untuk satu suara dalam menerjemahkan makna kedaulatan energi.

Kedaulatan energi merupakan hak bangsa, baik dalam hal jaminan energi maupun kemandirian energi. Arcandra berharap hal-hal yang ia sampaikan itu menjadi jiwa dari Rancangan Undang-undang Migas ke depan baik dari hulu, midstream, hingga hilir.

“Semangat yang saya sampaikan sekiranya bisa menjadi masukan kita semua. UU Migas harus memiliki visi yang jauh ke depan,” kata Arcandra.

Arcandra Paparkan Visi Migas Indonesia | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya