Parpol Dijadikan Perahu Sewaan

Share:

parpol-dijadikan-perahu-sewaan

Diposkan.comParpol di Indonesia saat ini mempunyai kedudukan sebagai media untuk para calon kepala daerah bisa maju menjadi kepala daerah di masing – masing wilayah. Namun hak ini saat ini nampaknya hal tersebut sudah bergeser dan menghilangkan makna dari parpol itu sendiri.

Hal tersebut juga diingatkan oleh Direktur Eksekutif Riset Indonesia Toto Sugiarto yang mengatakan bahwa para calon kepala daerah agar tidak menjadikan parpol sebagai perahu sewaan yang digunakan untuk bisa maju pada pemilihan.

“Parpol jangan hanya menjadi perahu sewaan yang bayar oleh pihak tertentu untuk meraih kekuasaan. Parpol harus menjadi tempat untuk mencetak calon-calon pemimpin bangsa,”’ Ujar Direktur Eksekutif Riset Indonesia Toto Sugiarto yang dilansir beritasatu.com.

Dengan melihat realita yang ada di lapangan, rendahnya kaderisasi membuat banyak kader dari berbagai parpol tidak memberikan nilai elektabilitas yang cukup signifikan.

“Kondisi ini merupakan akibat dari tidak berjalannya kaderisasi. Parpol minim kader beurkualitas yang layak dimajukan ke arena kompetisi politik,” Tambahnya.

Kondisi ini harus segera diperbaiki dengan menjadikan kembali Partai Politik sebagai alat penaring dan penjaringan terhadap calon pemimpin bangsa yang ada.

“Parpol perlu mendemokratisasi diri. Berbagai praktik nepotisme yang sekarang banyak terjadi harus dihentikan. Kegiatan-kegiatan seperti pendidikan politik, sekolah partai, kaderisasi secara berjenjang, dan kegiatan lain untuk meningkatkan kualitas dan integritas kader perlu ditingkatkan lagi,” Tutupnya.

Parpol Dijadikan Perahu Sewaan | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya