Dokter Lanjutkan Pemeriksaan Misteri Kutil Almarhum Dede Koswara

Share:
Dokter Lanjutkan Pemeriksaan Misteri Kutil Almarhum Dede Koswara

Dokter Lanjutkan Pemeriksaan Misteri Kutil Almarhum Dede Koswara

Tim dokter RS Hasan Sadikin (RSHS) terus berupaya untuk mencari tahu kelainan pada kulit almarhum Dede Koswara (45) yang meninggal pada Sabtu (30/1/2016) kemarin. Pasien dengan kelainan giant cutaneous horn ini menyisakan misteri besar bagi dunia kedokteran.

“Telapak kaki dan punggung almarhum masih bersih. Jadi kami berupaya untuk menekan pertumbuhannya namun beum dievaluasi lagi. Pastinya penelitian masih akan dilanjukan dengan Faklutas Kedokteran Unpad,” ujar anggota tim infeksi khusus RSHS, Rudi Wisaksana seperti yang kami kutip dari laman beritasatu.com, Minggu (31/1/2016).

Sebelumnya rudi juga mengatakan, Dede meninggal dunia setelah mengalami gagal fungsi multi organ di tubuhnya. Komplikasi tersebut mengakibatkan pasien tersebut koma selama tiga hari. Sejak dibawa ke rumah sakit hingga akhir hayatnya, kondisi Dede terus menurun.

Lalu Direktur Keuangan RSHS, R. Nina Susana Dewi mengungkapkan, keluarga Dede sudah membawa dan menguburkan almarhum di Kampung Bunder, Desa Tanjungjaya, Cihampelas, Bandung Barat.

Rudi menjelaskan bahwa Dede telah berkali-kali menjalani perawatan rumah sakit akibat kutil yang ada dikulitnya. Dede pertama kali mendapatkan perawatan medis sejak 2007. “Waktu itu untuk menjalankan operasi pengangkatan kutilnya,” ujar Rudi.

Baca Juga:   Jadwal Presiden RI Jokowi Di Amerika Serikat

Ketika menjalani perawatan yang berjalan hingga belasan kali tersebut, Rudi mengungkapkan para dokter menemukan adanya gangguan pada fungsi hati, ginjal dan paru-paru pasien. Operasi serupa juga pernah dilakukan pada 2008.

“Baru kontak lagi tahun 2015. Selain kutil yang tumbuh, kondisi hati juga semakin memburuk, gangguan ginjal dan paru-paru pun ada, malah semakin parah,” tambah Rudi.

Sepanjang tahun 2015, Dede juga sempat menjalani rawat inap selama tiga bulan dan dibiarkan kembali kerumah pada tanggal 22/12/2015. Rudi juga menerangkan tindakan dkoter itu hanyalah operasi minor untuk membersihkan kutil dari tangan serta kaki Dede.

“Pada periode ini, operasi tidak dapat seagresif dulu. Kita rencanakan pembersihan bertahap sesuai kondisi pasien. Tiga kali operasi dengan tujuan waktunya terbatas supaya tidak memakan banyak waktu, mulai tangan kiri, kanan, dan kedua kaki,” tutup rudi menjelaskan kondisi Dede sebelum meninggal dunia.

Dokter Lanjutkan Pemeriksaan Misteri Kutil Almarhum Dede Koswara | Riko Yudiansa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya