Raja Salman Ganti Menteri Keuangan Guna Kurangi Ketergantungan Minyak

Share:

diposkan-salman-king

Diposkan.com – Menteri Keuangan Kerajaan Arab Saudi, Ibrahim al-Assaf diganti pada Senin (31/10). Langkah ini dilakukan karena kerajaan tersebut mau melakukan restrukturisasi ekonomi, akibat turunnya pendapatan dari minyak.

“Ibrahim dipindahkan dari posisinya,” demikian bunyi perintah Kerajaan Arab Saudi, dilansir dari AFP, Selasa (1/11) melalui Detik. Perintah ini langsung dikeluarkan oleh Raja Salman, dan dipublikasikan oleh kantor berita setempat.

Assaf diganti oleh Mohammed Aljadaan, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala otoritas pasar modal Arab Saudi, sejak Januari 2015.  Assaf yang berusia 67 tahun, sudah menjabat sebagai Menteri Keuangan selama 20 tahun telah lama untuk digantikan.

Assaf, yang merupakan pemegang gelar doktor bidang ekonomi, akan ditugaskan menjadi menteri lain dan tetap berada di kabinet. Kondisi ini mengharuskan Arab Saudi cepat-cepat meninggalkan ketergantungannya terhadap minyak. Kondisi keuangan Arab Saudi menurun.

Eksportir minyak terbesar dunia ini memperkirakan, anggaran negaranya di tahun ini akan defisit US$ 87 miliar. Hal ini membuat Arab Saudi melakukan penghematan, termasuk memangkas subsidi, dan mengurangi gaji para menteri, serta menunda sejumlah proyek-proyek pembangunan.

Baca Juga:   Produsen Tak Yakin, Harga Minyak Kembali Turun

Awal tahun ini, Pangeran Mohammed bin Salman yang mengepalai ekonomi kerajaan, mengumumkan sejumlah rencana di bidang ekonomi untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak. Selain itu, untuk pertama kalinya Kerajaan Arab Saudi harus menjual surat utang (obligasi) global yang nilainya US$ 17,5 miliar.

Penurunan harga minyak juga membuat cadangan devisa Arab Saudi turun menjadi US$ 562 miliar di Agustus 2016, dari US$ 732 miliar di akhir 2014 lalu. Terlebih pada Januari 2016 lalu, harga minyak sempat turun ke bawah US$ 30/barel, atau tingkat terendahnya dalam 10 tahun terakhir. Di pertengahan 2014, harga mnyak masih di atas US$ 100/barel.

Raja Salman Ganti Menteri Keuangan Guna Kurangi Ketergantungan Minyak | Fisika Fikri | 4.5 | Tag: raja salman, video raja bokep jepang

Kirim Komentar

Berita Lainnya