Tax Amnesty Tangkis Sentimen Deutsche Bank pada IHSG

Share:

diposkan-tax-amnesty

Diposkan.com – Keberhasilan program pengampunan pajak (tax amnesty) menangkis sentimen denda Deutsche Bank terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG). Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan program tax amnesty telah melebihi target yang ingin dicapai. Perolehan lebih dari 50% dinilai sebagai prestasi yang sangat mengesankan, bahkan bisa dibilang program tax amnesty paling berhasil di dunia.

Hingga pada pekan ini, sentimen terhadap IHSG terbesar berasal dari dalam negeri adalah realisasi tax amnesty yang berlawanan dengan tekanan pasar regional. Tekanan jual di lantai bursa mulai muncul setelah adanya berita Deutsche Bank.

Masuknya pelaku pasar asing ke bursa Indonesia diperkirakan berbelanja saham-saham berkapitalisasi pasar besar. Saham-saham big caps diburu oleh investor asing terutama emiten penggerak IHSG. Satrio menjelaskan, jika investor asing membukukan net buy sejak program tax amnesty. Bahkan prediksinya jika sudah ada seperempat dana repatriasi senilai Rp 20 triliun masuk ke lantai bursa melalui portofolio.

“Tahap pertama amnesti pajak sudah kelar, tahap kedua masih ada lagi. Sementara kemungkinan investor asing akan berhenti berbelanja dulu,” tuturnya yang dilansir dari Bisnis.com, Jumat (30/9).

Pada akhir pekan, IHSG ditutup melemah 1,24% sebesar 67,15 poin ke level 5.364,8. IHSG terus bertahan di atas level 5.400 dan akhirnya menyerah di paruh kedua perdagangan harian akhir pekan ini. Sehingga selamaa sepekan, IHSG ditutup melemah 0,45% sebesar 24,1 poin dari level 5.388,91. Sementara hasil koreksi di bulan September  IHSG ditutup 0,40% sebesar 21,27 poin setelah tiga bulan berturut-turut melonjak tajam.

Baca Juga:   IHSG Kembali Menguat, Ini Rekomendasi Saham Bagi Investor

Berbeda dengan Satrio, analis PT Recapital Securities Kiswoyo Adi Joe, menilai dana repatriasi dari tax amnesty  belum tampak masuk ke pasar modal. Pasalnya, sampai saat ini, baru dana deklarasi yang jauh lebih besar.

IHSG pada akhir pekan, kata dia, ditutup melemah lantaran adanya sentimen denda Deutsche Bank. Bank tersebut tercatat sebagai bank terbesar ke-4 di Eropa dan ke-11 di dunia. Padahal, saat sentimen negatif Lehman Brothers, hanya berada di posisi ke-43 dunia.

“Denda bagi Deutsche Bank menjadi sumber ketakutan pelaku pasar. Tapi ditahan oleh adanya berita amnesti pajak. Grup Sinarmas dan Salim ikut juga tax amnesty, dana tebusan pemerintah sepertinya tercapai,” kata dia secara terpisah.

Dia menyebutkan, investor asing ke depan masih wait and see, terutama realisasi amnesti pajak pada tahap pertama. Pelaku pasar asing itu masuk ke saham-saham big caps seperti HMSP, GGRM, BBRI, BMRI, BBCA, ASII, dan TLKM.

Analis PT HD Capital Tbk. Yuganur Wijanarko, menambahkan koreksi IHSG beberapa waktu terakhir telah rampung dan bersiap kembali menanjak. Koreksi IHSG selama September hingga level terendah 5.130 kembali reli ke 5.470.

“Kemarin sempat anteng di atas 5.330, seharusnya tidak akan ada lagi kejutan aksi penurunan heboh dari kaum bearish lagi hingga tahun depan,” tuturnya.

Tax Amnesty Tangkis Sentimen Deutsche Bank pada IHSG | Fisika Fikri | 4.5 | Tag: logo amnesti pajak Hd, prediksi ihsg, satrio bokep

Kirim Komentar

Berita Lainnya