Mendagri Gandeng KPK Untuk Cegah Politik Uang

Share:

mendagri-gandeng-kpk-untuk-cegah-politik-uang

Diposkan.com – Sebentar lagi akan dihelat Pemilihan Kepala Daerah atau yang biasa disebut dengan PILKADA di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini biasanya diikuti dengan beberapa kampanye yang digunakan untuk memenangkan salah satu calon Kepala Daerah, untuk mengurangi kecurangan pada saat kampanye khususnya untuk money politic.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan akan menggandeng beberapa instansi agar bisa meminimalisir terjadinya politik uang tersebut. Karena hal ini merupakan salah satu tanggung jawab bersama. Hal ini berfungsi untuk menjaga kesakralan dari pemilihan umum.

“Terpadu, antara KPK kemudian BPKP dan kita (Kementerian Dalam Negeri). Karena pilkada serentak ini problemnya adalah yang kami sepakat dengan KPU dan Bawaslu ini, politik uang harus dicegah. Ini politik uang sumber malapekata di kemudian hari,” Ujar Tjahjo Kumolo yang dilansir okezone.com.

Baca Juga:   Haji Lulung Komentari Mengenai Penggunaan Lahan Base Camp Teman Ahok

Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa Netralitas TNI pada saat ini sudah baik, karena didukung oleh pernyataan Panglima TNI.

“Termasuk netralitas TNI, sudah ditegaskan oleh Panglima. Netralitas PNS kami tegaskan dengan Menpan, banyak yang kemarin turun pangkat, diberhetikan di (Pilkada) 2015,”¬†lanjutnya.

Hal ini dilakukan karena pada saat nantinya pada tahun 2019 pemilihan presiden dan pemilihan kepala daerah serentak akan kembali ke fungsi awalnya.

“Kami juga minta anggota KPUD-nya, Bawaslu-nya yang banyak dipecat oleh DKPP tahun ini sudah mulai tidak (difungsikan lagi). Kalau target kami untuk pileg dan pilpres ke depan harus seperti itu, demokratis,”¬† tambahnya.

Mendagri Gandeng KPK Untuk Cegah Politik Uang | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya