Peran Relawan Sangat Penting Pada Pilkada DKI Jakarta

Share:

peran-relawan-sangat-penting-pada-pilkada-dki-jakarta

Diposkan.com – Beberapa daerah yang ada di Indonesia akan melakukan Pemilihan Umum tingkat Daerah. Hal itu membuat dunia perpolitikan menjadi semarak. Para calon kepala daerah saling berusaha untuk bisa memenangkan pertarungan tersebut. Namun salah satu unsur kemenangan dari salah satu calon adalah adanya peran relawan.

Hal itu di ungkapkan oleh Peneliti Senior Centre for Strategic and International Studies (CSIS) J Kristiadi yang menyatakan pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada saat ini menjadi sangat penting dalam kemenangan seorang  calon.

“Peran relawan sangat besar. Relawan merupakan perangkat komplementer dari seorang calon, saling melengkapi dengan parpol,” Ungkap Kristiadi  yang dilansir beritastu.com.

DIrinya menambahkan bahwa peran ini bertujuan untuk memberikan pengaruh kepada calon pemilih agar bisa memilih calon yang diusungnya tersebut. Kampanye – kampanye tersebut bisa dilakukan dari media apapun, termasuk di dunia maya.

Baca Juga:   Anggota DPR Tolak Deponering Terhadap Abraham Samad Dan Bambang Wijojanto

“Pada saat pemilihan peran relawan ini sangat penting untuk bisa menggerakkan pemilih, meyakinkan pemilih dan melakukan kampanye-kampanye kreatif untuk menarik simpati pemilih. Relawan ini bisa bertarung di dunia nyata dengan dunia maya, bahkan mereka menggunakan teknologi untuk melakukan kampanye secara kreatif dan konstruktif,”  lanjutnya.

Kondisi seperti ini memang sangat enguntungkan jika dilakukan oleh salah satu calon yang sudah menjadi kepala daerah sebelumnya atau yang biasa disebut dengan incumbent.

“Ini disebakan karena para kader parpol merasa tidak mempunyai kepentingan langsung dengan pilkada, kecuali dengan pemilihan legislatif. Peran parpol mungkin terasa ketika seorang kadidat sudah menjadi kepala daerah,” tutupnya.

Peran Relawan Sangat Penting Pada Pilkada DKI Jakarta | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya